Sistem ‘Face Express’ Pindai Wajah di Airport Jepang

Face Express

Terminal Udara Internasional Tokyo (TIAT) telah mendemonstrasikan sistem pengenalan wajah untuk penumpang penerbangan internasional di Bandara Haneda sejak 13 April tahun ini. Sistem ‘Face Express’ berbasis teknologi NEC memungkinkan penumpang melewati penyerahan bagasi, pemeriksaan keamanan, dan gerbang boarding dengan informasi paspor penghubung OneID, informasi wajah, dan informasi boarding.

“Face Express”

Sistem yang sama juga telah didemonstrasikan di Bandara Narita. Face Express saat ini bergabung dengan JAL, ANA, Delta Air Lines, dan Air France di Haneda. Berharap untuk menerapkan sistem ini ke semua maskapai penerbangan yang mengoperasikan layanan internasional, TITA bertujuan untuk memulai pengoperasian penuh Face Express  (FE) pada Juli mendatang setelah memeriksa prosedur dan fungsi sistem yang lancar.

Untuk Face Express, 92 Layanan Mandiri Penggunaan Umum, 25 kios pendaftaran FE, 104 Penyerahan Bagasi Mandiri, 41 Sistem Rekondisi Penumpang, dan 80 Self Boarding Gates ditempatkan di Terminal 2 dan 3.

Karena Bandara Haneda mengoperasikan Penggunaan Umum untuk konter check-in dan gerbang keberangkatan untuk semua maskapai penerbangan, setiap maskapai penerbangan dapat menggunakan semua sistem FE. Salah satu tantangannya adalah bagaimana bandara dapat menggunakan bersama sistem FE dan sistem yang ada.

Selesai dalam satu menit

Kios pendaftaran FE membaca informasi paspor terlebih dahulu, diikuti dengan mengambil foto wajah depan penumpang dan membaca tiket pesawat untuk ditautkan ke sistem pemesanan maskapai penerbangan. Prosedur selesai dalam satu menit atau lebih singkat.

Self Baggage Drop dapat menerima bagasi dengan pengenalan wajah saja, tanpa menunjukkan paspor dan tiket naik pesawat.

Di Sistem Rekondisi Penumpang, perangkat tampilan cairan dengan gerbang flapper otomatis mengenali informasi wajah dan memeriksa status penerbangan untuk penumpang dengan sistem informasi operasi bandara sekaligus.

Self Boarding Gate memungkinkan penumpang untuk naik pesawat tanpa menunjukkan paspor dan tiket naik pesawat.

TIAT mengatakan bahwa kunci untuk memperluas penggunaan FE adalah meningkatkan kesadaran pengguna. Selain itu, TIAT berharap dapat menghubungkan fungsi paspor kesehatan digital dengan Face Express di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *