Balkan Sebagai Destinasi Pariwisata

Balkan Sebagai Destinasi Pariwisata

Pertumbuhan Balkan yang substansial dan stabil sebagai tujuan liburan dan perjalanan adalah salah satu tren paling signifikan dalam pariwisata Eropa

Antara 2013 dan 2016, ada enam negara di mana malam yang dihabiskan oleh pengunjung asing meningkat lebih dari 10 persen setiap tahun. Selain Islandia, mereka secara eksklusif adalah negara-negara Balkan (Albania, Bosnia Herzegovina, Serbia, Kosovo, dan Rumania). Satu-satunya negara di kawasan ini yang tampaknya tertinggal dari ledakan ekonomi adalah Bulgaria, meskipun situasinya sedang berubah  .

Balkan Dijadikan Sebagai Destinasi Pariwisata

Beralih dari tingkat nasional ke dinamika internal negara bagian tertentu, data Eurostat  mengungkapkan, antara lain. Karakter yang sangat seimbang dari pertumbuhan pariwisata di Rumania. Sementara di negara-negara lain di kawasan kunjungan terkonsentrasi di satu daerah, pertumbuhan wisata di Rumania mencapai berbagai daerah di negara itu, dari Transilvania hingga Bukares, hingga ke pantai Laut Hitam. Selain itu, jumlah pengunjung Rumania yang terus meningkat berasal dari berbagai negara. Spanyol, Inggris Raya, Ukraina, dan Turki, dan masih banyak lagi. Di Eropa, hanya Portugal yang mengalami pertumbuhan pariwisata inbound yang berkelanjutan dan tersebar secara global.

Sehubungan dengan negara-negara Balkan lainnya, pariwisata asing di Yunani, Kroasia, dan Montenegro telah tumbuh dengan kecepatan. Lebih lambat dalam beberapa tahun terakhir – dapat dimengerti, mengingat popularitas mereka yang sudah lama. Tetapi kawasan tertentu di negara-negara ini masih mengalami pertumbuhan besar-besaran. Ini adalah kasus Makedonia Timur dan Trakia, wilayah paling timur Yunani. Di antara semua kawasan di Eropa, di sinilah pariwisata asing tumbuh paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir: sejak 2013 malam yang dihabiskan rata-rata meningkat 33 persen dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ini sebagian besar disebabkan oleh masuknya wisatawan yang terus meningkat. Bulgaria dan Rumania (750.000 malam lebih banyak dihabiskan pada tahun 2014 dibandingkan pada tahun 2012), yang menikmati terutama pantai Aegean di dekatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *